5 Ciri ciri Website yang baik untuk ditampilkan

5 Ciri ciri Website yang baik untuk ditampilkan

5 Ciri ciri Website yang baik untuk ditampilkan

Sebuah situs web tidak dapat berhasil hanya melalui desain yang menarik atau konten yang memprovokasi. Perlu memiliki gaya yang memberi masukan pada pengalaman dan fungsionalitas pengguna situs Anda saat mudah dimengerti sekilas.

Anda tahu apa yang selalu mereka katakan, “Keindahan ada di mata pemegang mouse.” Kami mengerti bahwa orang yang berbeda memilih gaya yang berbeda, tapi itu tidak berarti bahwa tidak ada beberapa peraturan dasar yang harus Anda ikuti saat memutuskan kemunculan situs Anda.

Berikut adalah 5 tip cepat untuk memastikan bahwa Anda menuju ke arah yang benar dan tidak mengubah pelanggan:

01. Jagalah situs Anda minimalis dan bebas dari kekacauan
Kami jarang membaca setiap kata di situs web. Sebagai gantinya, kami segera memindai halaman, memilih kata kunci dan kalimat. Dengan perilaku yang diketahui ini, lebih baik menarik emosi daripada jumlah kata. Semakin sedikit seseorang yang melihat situs Anda harus membaca, mengeklik atau mengingat, semakin baik mereka akan dapat memproses dan mengevaluasi apa yang terjadi di depannya. Itu membuat lebih mungkin bagi mereka untuk melakukan apa yang Anda ingin mereka lakukan di tempat pertama. Teks dan Panggilan Untuk Bertindak memang perlu, tentu saja, tapi pastikan untuk memecahnya dengan subjudul yang lebih besar dan paragraf yang dapat dibaca. Kami juga menyarankan untuk menggunakan gambar atau ikon sebagai cara alternatif untuk mengkomunikasikan maksud Anda.

 

02. Rancang dengan hirarki visual dalam pikiran
Kami sudah jauh dari tablet batu. Dengan layar komputer dan smartphone, karena teknologi untuk menampilkan informasi berkembang, tetaplah perancang untuk mengatur konten dengan jelas. Anda hanya punya beberapa detik untuk menarik perhatian seseorang dan memberi tahu mereka tentang situs Anda. Jika Anda menetapkan hierarki yang jelas pada informasi Anda, pembaca tidak dapat tidak secara tidak sadar mengikuti remah roti yang Anda tinggalkan untuk mereka. Kemudian terapkan warna, kontras, ukuran dan jarak untuk aksentuasi lebih lanjut, tetap sadar akan apa yang menarik perhatian di halaman Anda dan pastikan itu selalu disengaja. Salah satu elemen desain terbaik yang kami temukan untuk menciptakan hirarki visual yang kuat adalah strip: Ini akan membantu mengatur situs web Anda menjadi potongan konten yang jelas dan mudah dicerna.

 

03. Buat konten blog yang mudah dibaca
“Keterbacaan” mengukur betapa mudahnya orang mengenali kata, kalimat, dan frasa. Bila keterbacaan situs Anda tinggi, pengguna akan dapat memindai situs Anda secara efisien dan memasukkan informasi tersebut ke dalam teks tanpa banyak usaha.

Mencapai keterbacaan website relatif mudah; cobalah aturan utama ini:

Kontras adalah kuncinya
Sangat penting untuk memiliki kontras yang cukup antara teks dan latar belakangnya sehingga teks menjadi jelas. Kemungkinan besar Anda telah memilih dengan cermat warna-warna yang merupakan bagian dari identitas merek Anda dan mereka harus diwakili di situs Anda. Merasa bebas bermain dengan warna, hanya saja tidak mengorbankan keterbacaan untuk kreativitas.
Anda tidak bisa membaca apa yang tidak dapat Anda lihat
Situs awal memiliki font kecil, namun seiring berjalannya waktu, orang menyadari bahwa font 12pt sulit dibaca secara online. Saat layar 24 inci dari wajah seseorang, kebanyakan orang akan berjuang untuk melihat font yang lebih kecil. Aturan praktis yang Anda lihat di web adalah menjaga agar teks tubuh Anda minimal 16pt. Itu adalah tempat yang baik untuk memulai, namun perlu diingat bahwa nomor ini sepenuhnya bergantung pada font yang Anda gunakan.
Serif vs Sans Serif
Anda mungkin tidak memilih keluarga Anda, tapi Anda memilih jenis keluarga font yang Anda gunakan. Serif adalah titik memproyeksikan kecil atau garis yang beberapa font ada di ujung huruf mereka – Times New Roman, misalnya, berasal dari keluarga font Serif. Sans Serif secara harfiah berarti “tanpa serif”. Font ini biasanya merupakan pilihan terbaik untuk teks online – seperti teks yang sedang Anda baca. Catatan samping: Kita tahu bahwa font skrip (yang terlihat seperti tulisan tangan) sangat keren dengan semua lekuk dan barang mewah, tapi tolong perhatikan mata pengunjung Anda – beri mereka istirahat!
Ada begitu banyak font
Sebagai aturan, jangan gunakan lebih dari tiga tipografi yang berbeda di satu situs web. Beberapa proyek mungkin memerlukan kombinasi huruf yang lebih rumit, namun jika Anda memilih menggunakan berbagai font, efek keseluruhannya harus selaras, tidak berantakan.

 

04. Ensure your site is easy to navigate

It may be of your design nature to break the mold, but website navigation is not the place to be avant-garde. Don’t send visitors on a wild goose hunt when wandering through your site. A site with a solid navigation helps search engines index your content while improving the viewers’ experience:

  • Link your logo to your homepage: It’s a common practice that your visitors are used to and will save them some precious clicks.  
  • Mind your menu: It should be on the top (in the header) of your website and structured according to the importance of each section.
  • Offer some vertical navigation: If your site is of the long-scrolling variety, try to use an anchor menu. With one click, viewers will be able to quickly go back to the top, down to the bottom or directly to any section of the site.
  • Work on your footer: Your footer is probably the last thing to be seen on your site, so remember to include all the important links there. This may include a shortened version of your menu, social icons and additional important links (terms of use/FAQ/contact/blog etc.) your visitors may need.
  • Keep your important content “Above-The-Fold”: This is less of a “navigation” tip per say, but it is still important to that matter. Remember that your visitors should understand what your website is about without having to scroll.  

 

05. Tetap mobile friendly
Kita hidup dalam masyarakat mobile, yang membuat penting untuk mengajukan pertanyaan: Apa yang pengunjung saya lihat saat mereka mengakses situs web saya saat bepergian? Tidak pernah takut! Wix secara otomatis membuat versi mobile-friendly dari situs Anda untuk Anda sehingga Anda dapat mengikuti dunia yang semakin mobile. Pastikan untuk menempatkan diri pada posisi pengguna, dan menguji setiap halaman, tindakan pengguna dan tombol. Jika Anda ingin memastikan situs mobile-friendly Anda berjalan pada semua silinder, lihat Praktik Terbaik Situs Web Mobile kami.